postingan terbaru

Loading

Senin, 26 Desember 2011

HUKUM MEMBACA AL-QUR’AN DI KUBURAN MENURUT IMAM AHMAD BIN HANBAL

Keterangan ini saya terjemahkan dari Kitab Mughni yg berisikan fatwa-fatwa Imam Ahmad bin Hanbal karangan Ibnu Qudamah seorang ulama besar Madzhab Hanabilah:
Tidak dimakruhkan membaca Al-Qur’an di atas kuburan menurut pendapat yg lebih shahih dari dua pendapat Imam Ahmad Bin Hanbal, bahkan pendapat ini diniai yang masyhur dari Imam Ahmad. Sesungguhnya telah diriwayatkan dari Imam Ahmad, bahwa beliau berkata: “Ketika kalian memasuki kuburan, maka bacalah ayat kursi dan membaca surat ihlas tiga kali, kemudian berdo’alah; “Ya Allah! Sesungguhnya keutamaan-Mu untuk ahli kubur ini.
Namun menurut satu pendapat lagi dari Imam Ahmad, bahwa membaca Al-Qur’an di atas kuburan itu bid’ah sebab tdk dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat Nabi. Namun pendapat ini menurut Abu Bakar menceritakan dari Golongan Ulama Hanabillah telah dicabut oleh Imam Ahmad. Menurut Syech Abu Bakar, segolongan ulama tadi bercerita; “Sesungguhnya Imam Ahmad melarang seorang laki-laki dari Dlarir membaca Al-Qur’an di atas kuburan dan Imam Ahmad mengatakan itu perbuatan bid’ah. Kemuidan Syech Muhammad bin Qudamah Al-Jauhari menemui Imam Ahmad dan berkata kepada Imam Ahmad; “Hai Aba Abddillah! Menurutmu syech Mubasyir Al-Halabie itu bagaimana?”.
Imam Ahmad menjawab; “Syech Mubasyir Al-Halabie adalah orang yg dapat dipercaya (tsiqqah)”.
Syech Muhammad bin Qudamah Al-Jauhari berkata; “Syech Mubasyir bercerita kepadaku dari ayahnya, bahwa sesungguhnya ayahnya berwasiat ketika dikubur agar dibacakan surat Al-Baqarah sampai khatam, sebagaimana Ibnu Umar berwasiat demikian”.
Mendengar cerita dari Syech Muhammad bin Qudamah Al-Jauhari tentang Syech Mubasyir tadi, Imam Ahmad berkata; “Kembalilah wahai Muhammad bin Qudamah! Dan sampaikan kepada laki-laki tersebut (Dlarir) agar membaca Al-Qur’an di atas kuburan orang tuanya”.

(Ref. Al-Mughni Fi Fiqh al-Imam Ahmad bin Hanbal Asy-Syabanie. Karya Abdullah bin Ahmad bin Qudamah al-Muqaddasie)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

Buat sobat blogger anda tulis komentar disini,angdidi tulis komentar disana tapi yang sopan ya!!!angdidi yakin anda adalah blogger yang baik matur kesuwun...