postingan terbaru

Loading

Sabtu, 22 Oktober 2011

Kisah Sedih Raja dari Raja Muammar Qadhafi Akhirnya Tewas di Sirte

TEMPO Interaktif, Sirte - Dewan Transisi Nasional (NTC) menyatakan Muammar Qadhafi akan dimakamkan sesuai ajaran Islam di Misrata. Namun otoritas berwenang memastikan proses pemakaman rencananya dilakukan secara rahasia.

Misrata adalah kota pelabuhan di bagian barat Libya. Di sana terdapat sekitar 800 kuburan tentara loyalis Qadhafi. Kota ketiga terbesar Libya ini pernah dilanda enam bulan pertempuran sengit, namun penduduk sekitar menyebutnya    sebagai Hotel Jannah.

Sebelumnya, mayat Qadhafi, mantan pemimpin Libya yang tewas dalam serangan oleh tentara revolusioner di Sirte, dilaporkan disembunyikan NTC. Belakangan terungkap bahwa jenazah itu dibawa ke Kota Misrata. Qadhafi tewas dalam kondisi mengenaskan dengan luka tembak di kaki dan kepala.

Perdana Menteri sementara, Mahmoud Jibril, di Tripoli mengatakan jenazah Qadhafi sebagai hadiah perang untuk Misrata dan penderitaan selama dikuasai pasukan Qadhafi. Misrata juga merupakan simbol utama pemberontakan rakyat. "Kami mengumumkan bahwa semua kejahatan oleh Qadhafi telah lenyap dari negeri tercinta," kata Jibril dalam Reuters hari ini.

Para pejabat mengatakan putra Qadhafi, Motassim, juga telah meninggal. Putranya yang lain, Seif Al Islam, belum diketahui keadaannya karena berbagai laporan berbeda. Peristiwa hari itu sangat bergejolak oleh pejuang relawan NTC.

Qadhafi memerintah dengan tangan besi selama 42 tahun. Ia berkuasa setelah menggulingkan Raja Idris pada 1969. Saat itu, Qadhafi hanya seorang kapten.

Di pengujung kekuasaannya di Libya, Qadhafi mengklaim sebagai "Raja dari Raja". Gelar tersebut didapatkannya saat pertemuan pemimpin-pemimpin suku di Libya pada 2008. Kekuasaannya mulai terancam sejak demo besar mengguncang seantero Libya, Maret 2011.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

Buat sobat blogger anda tulis komentar disini,angdidi tulis komentar disana tapi yang sopan ya!!!angdidi yakin anda adalah blogger yang baik matur kesuwun...