postingan terbaru

Loading

Sabtu, 22 Oktober 2011

10 Ulah Nyentrik Sang Pemimpin Muammar Qadhafi

TEMPO Interaktif, London - Penguasa Libya selama 42 tahun, Kolonel Muammar Qadhafi, tewas kemarin di kampung halamannya, Sirte. Qadhafi tewas setelah tempat persembunyiannya dibombardir jet tempur Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Qadhafi memerintah dengan tangan besi selama 42 tahun. Pria berusia 69 tahun tersebut berkuasa setelah menggulingkan Raja Idris pada 1969. Saat itu, Qadhafi hanya seorang kapten.

Di pengujung kekuasaannya di Libya, Qadhafi mengklaim sebagai "Raja dari Raja". Gelar tersebut didapatkannya saat pertemuan pemimpin-pemimpin suku di Libya pada 2008.

Pada Februari lalu, demonstrasi warga Libya berujung pada lengsernya Qadhafi. Qadhafi pun sejak Juni lalu diburu karena Pengadilan Kriminal Internasional memerintahkan penangkapan dia dan keluarganya atas tuduhan melakukan pembunuhan massal.

Selama 42 tahun berkuasa, banyak tindakan nyentrik yang dilakukan sang kolonel. Berikut 10 di antaranya.

1. Saat berkunjung ke luar negeri, Qadhafi membawa 300 orang dalam rombongannya, termasuk 40 pengawal wanita yang masih perawan.

2. Pada 2009, saat menghadiri KTT Pangan di Roma, Qadhafi memesan 500 gadis dari sebuah agen pengawalan. Gadis-gadis itu harus berusia 18 sampai 35 tahun dengan tinggi sekitar 170 sentimeter. Qadhafi datang dengan limosin warna putih dan meminta para gadis itu masuk Islam sebelum memberi mereka Al Quran dan buku Green Book dengan tanda tangannya.

3. Qadhafi menghina Tony Blair yang saat itu masih menjadi Perdana Menteri Inggris pada pertemuan pertama mereka. Qadhafi menunjukkan sebelah sepatunya ke Blair. Dalam tradisi Arab, hal itu merupakan bentuk penghinaan serius.

4. Qadhafi membawa tenda saat perjalanan. Pada 2007, tenda tersebut dipasang di lapangan di sebuah hotel berbintang lima di Paris.

5. Saat berpidato di Perserikatan Bangsa-Bangsa, Qadhafi menuntut jawaban atas pembunuhan John F. Kennedy. Ia juga menilai George Walker Bush dan Tony Blair harus diadili atas tuduhan kejahatan perang.

6. Ia pernah mengajukan mosi ke PBB agar Swiss dihapus. Ia menutup seluruh perusahaan Swiss di Libya serta melarang impor dari Swiss. Ia juga membatalkan seluruh penerbangan ke Swiss dan menangkap seluruh pengusaha asal Swiss di Tripoli. Itu semua dilakukan karena anak Qadhafi, Mutassim, 33 tahun, ditangkap di Jenewa atas tuduhan menyerang seorang pramuria hotel.

7. Qadhafi menambah teman dalam kunjungan ke Italia. Lawatan tersebut dilakukan secara tidak sengaja ketika ia mengubah rute perjalannya dari melewati lorong menjadi melalui pegunungan. Qadhafi memutuskan tidak melewati lorong karena takut dampak gempa di L'Aquila. Ia singgah di Kota Antrodoco yang dikenal dengan pohon cemara. Penduduk Kota Antrodoco dikenal miskin. Qadhafi pun menggelontorkan bantuan ke Antrodoco karena penduduknya yang ramah terhadapnya.

8. Sebagai penguasa, ia bisa dengan mudah memerintahkan pembebasan tahanan. Namun, pada 1988, Qadhafi membebaskan tahanan dengan cara mengendarai sebuah buldozer yang menghantam pintu penjara di Tripoli. Ia pun membebaskan 400 tahanan.

9. Meski sibuk mengurusi negaranya, Qadhafi ternyata sempat mendesain mobil. Pada 2009, mobil Saroukh el-Jamahiriya (Roket Libya) diperkenalkan. Libya mengklaim itu merupakan mobil teraman di dunia. Mobil tersebut juga tetap bisa berjalan sampai ratusan kilometer meski bannya kempis.

10. Saat berusaha menghilangkan pengaruh Barat di negaranya, Qadhafi mengganti seluruh kata-kata berbahasa Inggris dengan kata-kata Arab. Merek seperti Johnny Walker diganti dengan Hanah Mashi dan merek 7 Up diganti dengan Saba'a Fauq.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

Buat sobat blogger anda tulis komentar disini,angdidi tulis komentar disana tapi yang sopan ya!!!angdidi yakin anda adalah blogger yang baik matur kesuwun...